Pengantar

Domain adalah salah satu komponen penting dalam pembuatan website, Tanpa domain untuk mengunjungi sebuah situs harus memasukkan nomer ip. Untuk menghubungkan domain ke vps server caranya tidaklah serumit yang dibayangkan, Prosesnya hampir sama dengan setting di shared hosting. Perbedaannya nameserver dalam vps kadang tidak langsung tersedia tapi dikonfigurasi secara manual.

Untuk konfigurasi nameserver secara manual mungkin akan saya posting kemudian, Sekarang kita memakai cara yang simple dan mudah. Yaitu dengan cara membuat record di DNS record yang ditemukan di website registrar domain untuk mengarahkan domain ke vps server.

Persyaratan

  1. Domain yang sudah terdaftar (.com,.net,.org dll).
  2. Menggunakan servername dan DNS default dari registrar.
  3. Alamat IP dari vps server.

Langkah-langkah Menghubungkan Domain Ke VPS Server

Dalam tutorial ini saya mengambil contoh namecheap sebagai domain registrar, Karena saya membeli domain disana. Adapun cara mengarahkan domain ke vps sebagai berikut :

  1. Daftar masuk atau login ke website domain registrar.
  2. Pilih domain yang akan diarahkan ke vps dan klik manage.
  3. Dalam menu domain list tekan advanced DNS.
  4. Tambahkan record baru dengan mengeklik tombol “add new record” (1), Pada kolom “Type” pilih “A Record” dari dropdown (2), Dikolom Host isi dengan “@” (3), Dikolom value isi dengan “ip address vps” (4) dan TTL biarkan automatic.
  5. Ulangi langkah nomor 4 dan dikolom host isi dengan “www” yang lain sama.
  6. Ulangi lagi langkah nomor 4, Dikolom host diisi dengan “*” dan yang lain tetap sama.
  7. Setelah membuat 3 record untuk A record, Simpan semua perubahan dan hapus record selain dari itu.

Langkah terpenting adalah menambahkan “@” dikolom host, yang merupakan singkatan dari domain root dari domain kita yang mengarah ke alamat ip vps server. Domain registrar akan menghost record ini dan semua traffic internet ke domain anda akan diarahkan ke alamat ip vps server. Diperlukan kurang lebih 12-24 jam untuk perubahan DNS baru ini.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Kita sudah mempelajari bagaimana menghubungkan dan mengarahkan domain ke alamat ip vps server. Dan setelah berhasil seterusnya tinggal menginstall LEMP atau LAMP di vps. Jika ada kritik, pendapat atau saran silahkan berkomentar.

Author

"Hidup harus punya prinsip"

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Secured By miniOrange