Di post sebelumnya tentang membuat multiboot USB dengan YUMI, sudah diterangkan bagaimana membuat pendrive installer untuk window dan linux. Sekarang saatnya untuk menginstal salah satu dari distro linux yang terkenal yaitu ubuntu.

Dalam tutorial cara instal ubuntu 19.10 ini, Mas Moudrix mengambil versi sistem operasi yang terakhir, karena ada versi lain yaitu LTS (long term support).

Ubuntu adalah salah satu sistem operasi open source yang dapat berjalan di desktop, mudah digunakan dan aplikasinya bisa dijalankan dalam lingkungan organisasi, sekolah, rumah dan perusahaan. File ISO ubuntu bisa didownload di website resminya disini.

Langkah-langkah instal ubuntu 19.10 :

  1. Colokkan pendrive dan hidupkan komputer dengan boot pertama dari USB pendrive, maka akan muncul tampilan seperti ini dan pilih linux distribution lalu pilih try ubuntu 19.10 without installing.
  2. Komputer akan menjalankan ubuntu 19.10 secara live, inilah salah satu keunggulan distro linux, bisa mencoba dulu baru instal ke hardisk.
  3. Setelah puas mencoba, tekan install lalu pilih bahasa dan continue.
  4. Pilih keyboard layout lalu tekan continue.
  5. Pilih aplikasi yang akan diinstal di Ubuntu, normal/minimal installation. Pilih normal dan tekan continue.
  6. Pilih tipe penginstalan, biasanya saya memiilih something else karena saya akan membuat partisi hardisk secara manual. Lanjutkan dengan menekan continue.
  7. Akan terlihat partisi hardisk kita, disini hardisk saya sudah terinstal window. Klik di free space kemudian buat partisi baru dengan menekan tombol + (plus).
  8. Buat partisi swap dengan mengeklik drop down menu dari use as, besarnya 2gb sudah cukup. Type for the new partition pilih primary dan location for the new partition pilih beginning of this space kemudian tekan ok.
  9. Buat partisi root dengan klik tombol +, ukuran bebas sesuai kebutuhan, type partisi pilih logical, location pilih beginning, use as pilih ext4, mount point pilih /. Anda juga bisa menambah kan partisi /home, /boot, /var secara manual, tapi biasanya dengan partisi swap dan root sudah cukup untuk menginstal ubuntu, dilanjutkan tekan ok.
  10. Setelah partisi hardisk siap, tekan install now. Akan muncul peringatan tekan continue. Penginstalan ubuntu dimulai.
  11. Lokasi pilih sesuai dengan lokasi anda dan tekan continue.
  12. Isi data username dan password sesuai keinginan dilanjutkan tekan continue.
  13. Tunggu proses penginstalan ubuntu 19.10 sampai selesai.
  14. Setelah selesai, restart komputer. Jangan lupa mengganti boot pertama dari hardisk.
  15. Setelah restart komputer akan boot ke grub ubuntu, karena sudah terinstal window sebelumnya atau bisa disebut dualboot. Pilih ubuntu untuk masuk ke sistem operasi ubuntu.
  16. Tampilan awal dari Ubuntu 19.10 dan masukkan password yang sudah dibuat tadi, lalu sign in.
  17. Ubuntu sudah siap digunakan.

Begitulah tutorial bagaimana instal ubuntu 19.10 di komputer, moga bermanfaat ya guesss…..good luck

Author

"Hidup harus punya prinsip"

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Secured By miniOrange